ANDA SENIMAN?

Beberapa hari yang lalu ada temen saya yang bertanya kepada saya, “menurut kamu, kamu itu seniman atau bukan?”. Pertanya itu membuat saya sempat terdiam dan berpikir agak lama untuk menjawabnya. Karena saya rasa selama ini hasil karya saya tidak bagus bagus amat, dan saya belum memperoleh kepuasan dari semua itu. Namun saya merasa yang saya hasilkan itu adalah sebuah karya yang lahir dari imajenasi saya. Saya pun hanya bisa menjawab “belum”, ya jawaban yang saya keluarkan adalah jawaban untuk mencari aman untuk menghidari ceng cengan yang lainnya. Pertanyaan itu cukub lama membebani pikiran saya. Sampai akhirnya saya mendapatkan sebuah pemikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Saya rasa semua orang di dunia ini adalah seniman. Karena semua yang keluar dari cara bepikir seseorang adalah hasil karya seni. Mulai dari seseorang bangun tidur hingga dia tidur kambali adalah satu rankaian seni. Ada orang yang hanya menggambar sebuah linkara, menurut saya orang tersebut adalah seniman. Ada orang yang hanya bisa membuat puisi satu bait, menurut saya orang tersebut juga seniman. Ada orang yang kerjaannya sebagai penyapu jalan, menurut saya orang itu adalah seniman. Saya rasa kehidupan umat manusia dalam melakukan aktifitasnya ada sebuah seni, oleh karena itu saya mempunyai pemikiran untuk mengatakan semua umat manusia di muka bumi ini adalah seorang seniman. Sejelek apa karya nya, sedatar apa pun kita melihatnya, ya itulah hasil karya seorang seniman.

Tapi yang jadi permasalah adalah seberapa kreatifnya seseorang sebagai seniman. Saya pernah mendengar pendapat dari beberapa teman saya tentang apa yang dinamakan kreatif. Ada yang bilang kreatif adalah kependekan dari kreat = create dan aktif. Ya bisa di simpulkan kreatif menurut dia adalah melakukan sesuatu atau membuat sesuatu dan selalu aktif untuk itu semua. Ya yang saya tangkap seperti itu, tapi munkin temen-temen pembaca punya pemikiran lain. ada juga yang bilang kreatif adalah gabungan dari kere (nggak ada modal) dan aktif. Hehe agak konyol yah pendapatnya, tapi menurut saya ada benarnya juga. Sejauh mana seorang seniman dapat menghasilkan karya dengan modal sedikit tapi mempunya hasil yang memuaskan, ya munkin tidak memuaskan orang lain tapi setidak nya dapat memuaskan dirinya sendiri. (Hehehe ya namanya juga pendapat)

Menurut saya kreatif adalah suatu kegiatan dimana kita menggunakan badan kita dalam melakukannya dan menggunakan otak kita untuk berfikir didalamnya. Jadi selama kita melakukan perkerjaan dengan mengunakan otak, kita bisa dibilang sebagai orang yang kreatif. Dengan kita menggunakan otak tentu akan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik jika dibandingkan dengan melakukan sesuatu yang tidak menyertakan otak untuk berfikir didalamnya.

Semua tulisan diatas adalah karya seni saya.

Bagaimana jika saya bertanya kepada anda

”Anda seniman?” “apa itu kreatif?”

3 pemikiran pada “ANDA SENIMAN?

Tinggalkan Balasan

