lanjutan bimo

#Bimo first side

Di malam yang begitu dingin dan bersalju*pengennya sih, tapi berhubung ini di Indonesia, adanya juga hujan ama panas* maksud saya berhujan lebat. Di sebuah kota kecil *bisa dibilang kampung* yang hampir tidak terlihat dipeta terbaru maupun di google eart. Di sebuah rumah yang begitu sederhana, rumah yang terkadang membuat warga sekitar tidak tau apakah rumah tersebut berpenghuni atau tidak. Malam itu tidak ada satu suara pun selain suara hujan yang begitu lebat dan disertai gemuruh suara gledek yang sering membuat hati setiap orang mendengarnya menjadi takut dan khawatir.

Dirumah itu, yang lampunya sedang bergoyang goyang karena di terpa angin yang berusah masuk melalui celah celah kayu yang berongga, ada seorang wanita yang sedang berjuang di antara hidup dan matinya. Berjuang agar anak yang di kandung bisa terlahir dengan sehat dan sempurna. Wanita itu bernama susi. Ini merupakan kelahiran anak pertamanya. Dengan ditemani oleh seorang bidan desa, atau yang biasa di bilang dukun beranak, proses itu terus berlangsung.

Hampir memakan waktu 3 jam, akhirnya anak dalam kadungan itu dapat melihat dunia. Dengan tangis yang mengetarkan rumah itu. Ini adalah anak pertama bagi susi dengan suaminya yang telah tiada karena kecelakaan .Ini juga anak laki laki pertama yang lahir setelah 5 tahun terakhir di kampung itu. anak laki laki yang baru terlahir itu adalah gw, bimo. Kata emak gw, kelahiran gw adalah sebuah anugrah yang tak ternilai dalam hidupnya. Ya gw tau, pasti semua orang tua bakal bilang kaya gitu kepada anak. Kecuali kalo tampang gw kaya tukul, munkin emak gw bakal bilang kalo gw petaka tak ternilai dalam hidupnya hahaha.

Lanjut ke perjalana hidup gw yang masih seumur jagung. Mank umur jagung berapa yah???hehe. kata emak gw, waktu gw kecil, gw seneng banget tidur degan mata tertutup, soalnya kalo tidur dengan mata terbuka, mata gw perih. Ya iyalah…hahah.

Memasuki usia wajib belajar 9 tahun. Gw di sekolahin di sebuah sekolah yang seragam anak anak memakai celana merah dan berbaju putih. Sekolah itu diberi nama, SD pupus harapan. Karena gw dulu masih kecil, gw nggak terlalu peduli dengan nama itu. Tapi sekarang, gw agak terheran heran. Munkin dulu maksudnya tunas harapan, tapi karena nggak ada harapan yang terkabul, maka jadilah nama SD itu pupus harapan.

Gw termasuk siswa yang berbadan gembul, waktu itu. Berkaca mata, berambut belah tengah dan berkringat. Setiap gerak tubuhku memerlukan energi yang sangat besar, maka dari itu badan gw selalu berkringat. Agak susah untuk diriku saat itu untuk memproleh seorang teman, apalagi teman wanita. Dari sekian banyak wanita yang menutup hidungnya, ada seorang wanita yang tidak melakukan itu. Dia lah wanita yang gw inget setelah emak gw. Dan dialah juga wanita pertama yang tidak terlupakan setelah emak gw.

Tobe contune

Catatan harian/jumat ,23 april 2010

Malam ini sungguh membosankan…semoga itu hanya perasaan gw saja. Sebenarnya sih gw pengen nongkrong ama anak anak, maen kartu, dan ketawa ketawaan ama mereka. Tapi apa daya, keadaan gw lagi pengen irit irit dulu. Soalanya udah hampir sebulan kemaren kerjaan gw hura hura melolo ama anak anak , sahabat gw.

Sambil dengerin radio, dan sambil mengisi kekosong gw malam ini. dari gw jadi bego gara gara terdiam menatap facebook dan menunggu notifikasi yang seru, atau menunggu ada yang nyapa gw di YM, atau juga menunggu ada yang nge RT gw di twiteer gw, mendingan gw menulis ajah.

Kata orang menulis bisa mengakibatkan ketagihan. Ya itu udah gw alami. Gw ngerasa dengan menulis gw bisa mengajak orang orang yang baca tulisan gw untuk mengetahui khayalan gw, pola pikir gw, dan…. Banyak lagi. Dengan menulis gw juga ngerasa inspirasi gw ngalir secara pelan pelan, dan tidak stuck di situ doank.

Hari ini gw ngalami beberapa kejadian yang bisa gw bilang sebagai point of the day gw. Point of the day untuk  hari jumat 23 april ini.

#pertama

gw ngeliat sebuah adegan dimana seseorang membawa suplemen LPM profesi bulan april. Ada kebanggan tersendiri ketika ngeliatnya. Dimana hasil kerja keras temen temen gw untuk bulan april ini tidak sia sia. Meski gw nggak ada aspirasinya dalam suplemen bulan ini, tapi gw cukup, bukan, maksud gw sangat bangga. Karena mereka teman gw yang buat suplemen itu.

#kedua

sambil menunggu kuliah, gw sempetkan sholat ashar di moshola kampus gw. Kata temen gw sih karpet di moshola kampus gw bau kaki.gw sih udah nggak heran dengan mushola mushola yang kerpetnya bau. Soalnya itu mushola kan di pake ama mahasiswa yang selalu mengunakan sepatu. Kalo make sepatu sudah seharusnya make kaos kaki. Gw juga nggak heran kalo kaos kaki itu bau. Jadi sudah seharusnya di deket mushola itu bau kaos kaki yang menyerap bau kaki yang bersumber pada jempol kaki.

Tapi yang gw heran, kenapa bau kaki ini semakin hari semakin kuat, semakin menyengat, dan semakin semakin buat bulu idung gw merinding hahah. Emank bisa ya bulu idung merinding. Gara gara itu jadi berkata dalam hati, menghujat dalam hati. Katanya kampus islam?? Islam itu bersih, bersih itu sebagian dari iman. iman itu punya bokap namanya umin. Umin itu temen gw, Anak nya emank bau kaki..wkwkwk opsss. Ketika gw sholat disitu, gw punya niatan ninggalin surat kecil. Gw pengen nulis di surat kecil itu,”mushola bau kaki” udah gitu doank. Maaf ya kalo ada yang tersinggung

#ketiga

Masih inget dengan cerita#pertama? Nah gara gara kejadian itu, temen gw punya ide. Idenya begini, setiap kajadian seperti itu kalo bisa di foto. Seperti foto snapshot gitu, kejadian yang tidak terduga. Nah kalo udah di foto, foto itu kami pajang di lcd monitor yang ada di hall kampus gw. Nanti di foto itu di kasih keterangan,” harap orang yang ada di dalam foto tersebut menghubungi profesi untuk memproleh hadiah”. Menurut gw ide ini sangat bagus. Dengan seperti ini LPM profesi bisa lebih berinteraksi dengan mahasiswa FTI. Nah sekarang tinggal persetujuan pengurus pengurus yang lain ajah hehehe.

#keempat

Pulang kuliah  gw bingung, pengen cari jajanan. Pengen makan itu, makan ini. tapi yang bikin agak bimbang adalah gw sekarang ini sedang dalam sebuah program, program diet hehehe. gw mampir di swalayan deket kos gw. Gw mau ngecek saldo gw. Ketika gw memasukan kartu gw di mesin atm, terus di telen abis tuh kartu ama si atm, gw ngeliat sepucuk kertas di atas monitor atm itu. Sebuah kerta yang berisi informasi saldo. Kamu tau berapa saldonya??? 20 juta bro…busyett. Nih yang punya duit pasti bukan mahasiswa, munkin seorang koruptor hahah becanda. Tapi ngomong ngomong nih orang tengil juga yah ninggalin catatan saldonya disitu hahah. Tapi ga papa deh terserah dia. Dia yang punya duit, kok gw yang sewot hahaha.

#kelima

Ketika kuliah gim, dosen gw ngasih tugas kepada masahsiswa. Tugas untuk mendesign, mengonsep sebuah game. Tiba tiba, ntah dapet dari ilham dari mana. Gw dapet ide yang menurut gw cukup seru, dan cukup keren. Mau tau idenya??? Uhm kasih tau ga yah..hehe ntar ajah deh, kalo gw udah buat gamenya hahaha amin amin

ide di tengah malam(munkin bisa jadi sebuah buku) hehehe

Tiba tiba saja otak gw tercetus sebuah ide. Sebuah ide yang munkin sudah sering pake banyak orang dalam pelajaran kehidupannya. Tapi menurut gw ide ini nggak masalah kalo gw pake lagi. Siapa tau dengan ide ini, setiap orang akan lebih tau tentang sosok individunya dengan sudut pandang orang orang di linkungan kehidupannya.

Gw teringat sebuah pribahasa waktu gw masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Semut di sebrang lautan terlihat, gajah di plopak mata tidak terlihat. Munkin temen temen udah pada ngerti tentang pribahasa ini. tapi bagi yang belum ngerti, gw bakal kasih sedikit perjelasannya. Munkin pribahasa ini lebih cocok untuk orang yang sering ngomongin orang lain. Semisal gw,misal nya doank nih hahaha. Gw sering ngomongin kejelekan temen gw, dan tanpa gw sadari kejelekan gw sebenarnya jauh lebih besar dari pada kejelekan temen gw. Nah kurang lebih begitu penjelasan simpelnya dari pribahasa itu, untuk penjelasan lebih rumitnya bisa anda tanyakan sama ahli filsafat saja hahaha.

Munkin atas dasar pribahas itu gw terpikir tetang ide ini. gw pengen orang orang terdekat gw menulis tentang gw. Temen gw, sahabat gw, pacar gw. Siapa zacky dari sudut pandang mereka. Dengan seperti itu gw bisa membuka otak gw untuk cerita sosok gw di mata mereka. Selain itu, gw punya kenang kenangan sendiri untuk hari tua gw, kalo gw punya orang orang seperti mereka, orang orang yang pengertian. Kayanya seru ajah kalo gw duduk di kursi, di suatu sore, di teras depan rumah, sambil minum teh, gw baca tumpukan kertas yang berisi tulisan dari orang orang yang pernah hadir dalam hidup gw. Tentu membacanya sambil senyum senyum sendiri hehehe. eh tiba tiba cucu gw ngelempar bola bekel ke kepala gw, ceritanya udah tua nih…hahaha

Nah sekarang yang jadi masalahnya, apa mau temen gw meluangkan waktunya untuk nulis seberapa paragraf tentang gw, untuk gw???

gw coba ajah dulu…hehhe

jing su

kemaren gw maen ke kos temen gw. seorang temen seperjuang dari awal kuliah hingga sekarang. Seorang teman dari kampong halaman gw baru deket ketika kuliah. Seorang temen yang di kira temen gw dia itu homo tapi ternyata bukan hahaha. Ngapain gw ketempat temen gw itu. Kedatangan gw kali ini bermaksud untuk meminta contoh proposal usulan judul TA. Target gw minggu ini gw harus udah masukin jdul TA gw. Sesudah gw meminta mengopi file yang bisa membatu gw itu. Gw melihat se ekor kucing berwarna oranye yang berkalung. Kata temen gw kucing itu namanya jingsu, wow keren banget namanya, kaya ada darah samurai yang mengalir dalam tubuh kucing itu hahaha. Temen gw bertanya ama gw” kamu tau artinya jingsu”. “kagak” kata gw . “jingsu itu kependekan dari anjing asu” huakakak tawa gw terlepas secara belebihan. Ternyata dibalik nama yang keren, terkadung sebuah arti yang hmmmm

bimo(first progress)

Tolong tolong….”, suara teriakan yang masih dia cari asalnya. Bimo pun berlari kearah dimana dia merasakan sumber suara itu semakin dekat dengan dirinya. Hingga akhirnya dia menemukan suatu keadan dimana ada seorang wanita cantik yang sedang di todong oleh 3orang jambret mengunakan topeng, dan diataranya mengunakan topeng hellokitty. Terjadi adegan tarik tarikan tas antar si jambret dengan gadis itu. Bimo pun tak tinggal diam, ntah mendapat kekuatan dari mana, dia merasa tubuhnya sangat ringan sekali untuk melopat dari kejauhan sambil menedang jabret itu. Jambret bertopeng hellokity itu pun tepental sekitar 2 meter dari tempat di berdiri semula. 2 jambret lain pun dengan gemetar berkata”spi, spi, spiderman bos, kabur!”. Ketiga jambret itu pun lari terbirit birit meninggal bimo yang baru sadar ternyata dia adalah spiderman, dengan gadis itu. Gadis itu sungguh sangat tidak asing bagi dirinya. Dia kenal dengn gadis itu. Tapi entah kenapa, saat itu dia memanggil gadis itu dengan sebutan,mary”are u okay marry jane”. I’m okey derman(spiderman maksudnya)”, balas gadis itu. Tiba tiba hujan turun dengan deras nya mengisi keheningan dintara 2 insan yang sedang dilanda kebingungan untuk adegan berikutnya. Marry melangkahkan kakinya mendekati bimo.”I wanna say thank u” kata marry sambil mencoba membuka topeng spidey secara perlahan. Ketika topeng itu sudah melewati batas mulut, bimo pun menahan tangan marry dan mereka pun semakin dekat dan dekat, akhirnya pun mereka berciuman dengan mesra. 15 menit cukuplah untuk mereka merasakan kehangatan itu, bimo pun pergi meninggalkan marry. Dia melompat dari gedung kegedung,sesekali berayun menggunakan jarinya, hingga akhirnya dia menabrak dinding yang membuat bimo sadar, ternyata semua itu hanya…..mimpi.

Bimo terbangun dari mimpinya karena terjatuh dari ranjangnya. Ternyata yang dirasakan menabrak dinding di dalam mimpi merupakan terjatuh dan membentur lantai di dunia nyata.”arghhh” keluh bimo sambil memegang bagian depan kepalanya yang terbentur keras di atas lantai berlapis karpet yang sangat sedikit mengurangi kerasnya benturan itu. Dengan masih sedikit pusing, bimo mencoba berdiri untuk meraih handphonenya dan melihat, jam berapa sekarang???.

bimo berdiri sambil mengaca pada sebuah cermin yang penuh dengan stiker karakter idolanya yang ampe kebawa mimpi tadi. Iyaa…ini gw bimo, seorang mahasiswa ankatan 2006 yang mencoba keberuntungan dengan mengambil jurusan informatika di sebuah pts yang cukup terkenal di jogja dengan penemuan sebuah candinya.

Masih terus menatap kaca yang memantulkan bayangannya, Bimo berharap badannya berubah menjadi berotot dan sedikit tegap dan besar atau dengan kata lain atletis. “oh tidak”, ternyata bimo masih terbawa dengan dunia alam bawah sadarnya yang meinginkan dirinya menjadi spiderman. Namun dalam kenyataannya bimo mempunyai sosok tubuh yang besar tidak berotot, bermata sedikit sipit, dan berkulit sedikit putih. Jika di lihat sekilas, orang orang mugkin berpikir dialah yang selama ini memerankan sosok teletubis yang sering berpelukan dan jauh dari sosok pria bertopeng yang membela kebenaran.

gw dan anjing

“Hachi hey hachi” kata professor yang mengadobsi nya, hachi selalu menunggu kepulangan professor setiap malamnya. Hachi selalu menunggu di stasiun itu. Tiap malam dan terus dan terus, walau professor tersebut tidak mungkin lagi untuk kembali pulang, professor itu telah tiada.

Yup, itu munkin POI (point of interest,)dari cerita hachi si anjing. Film yang mencerikana tentang kesetia an anjing pada majikan. Anjing anjing anjing, binatang satu ini memang terkenal dengan kesetianya yang terkadang dibilang mengalahkan kesetiaan manusia. Dari jaman dulu hingga sekarang, sudah terkumpul banyak cerita di dunia ini yang mengisahkan kesetia an anjing. Gw dulu benci anjing, gw dulu takut anjing, dan dulu waktu kecil gw pernah nangis karena di kejer kejer anjing, gw nangis bukan karena apa, tapi tuh anjing ngejar gw sambil bilang,” woi baliking tulang gw”, haha.

Iya gw emank nggak suka anjing karena dalam ajaran agama gw, anjing tuh najis. Jika memelihara anjing dirumah, maka malaikat nggak mau datang kerumah itu, apa bila gw kena air liur anjing, maka gw harus membersihkan bagian tubuh gw yang terkena air liur ajing dengan air liur temen gw, haha bukan bukan, melainkan gw harus membersihkan dengan tanah hingga 8 kali. Anjing hanya boleh di elus elus jika dalam keadaan kering, jika di sentuh dalam keadan basah maka itu sudah termasuk najis. itu beberapa yang gw tau dari pantangan pantangan umat islam terhadap anjing.

Kadang gw mikir, kadang juga gw nggk mikir..hahah. anjing itu di ciptakan dengan hmmm ini yang gw tau ya, anjing diciptakan dengan sifat sifat yang dapat bermanfaat banget untuk manusia, mulai dari membantu para pengebala domba, teman penunjuk jalan bagi orang buta, sahabat untuk seorang yang sendirian, hingga tak jarang anjing pun udah di anggap sebagai keluarga yang selalu mejaga rumah dari maling. Tapi…tapi kenapa binatang yang satu ini tidak di istimewakan seperti musuhnya dalam film anjing dan kucing, kucing. Kucing yang selalu bermalas malasan, every time is sleep(yang ini kelakuan kucing gw waktu dirumah, dan sering kali tidurnya sampai terlentang gitu). kenapa anjing yang konon dalam kisahnya banyak berperan dalam perang dunia harus terlapisi oleh najis najis yang membuat gw dan mungkiin temen-temen gw yang mulai suka dengan anjing tidak bisa lebih dekat dengan anjing. Gw masing ingat kata emak gw yang waktu itu baru pulang dari acara pengajian, emak gw bilang anjing itu yang halal adalah lolonganya.

No animal perfect, munkin itu jawabanya kenapa Allah yang menciptakan anjing seperti itu, atau mungkin juga agar kita lebih peduli sesama manusia, bukan peduli untuk seekor binatang yang di jadikan sebagai pelengkap di kehidupan ini. manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan NYA, dan cerita-cerita sisi baik dari kebinatangan merupakan sebuah tolak ukur kita umat manusia agar tidak melakukan perbuatan lebih rendah dari binatang. Buaya aja setia masa manusia ada yang jadi buaya darat, hahaha.

Semoga tulisan gw ini bisa bermanfaat ya, jika ada salah kata harap di kasih tau ya dan dimaafin. Gw hanya manusia yang tidak luput dari salah kata dan salah ketik. Hehehe

salam

novel project(intro)

Malam ini gw terlintas membuat sebuah cerita. Mungkin ide dadakan gw ini muncul karena kesenjangan yang gw alami, banyak waktu luang, tapi nggak tau mau di apain waktu yang gw punya..haha

Oke, sebelumnya gw nggak tau cara membuat sebuah cerita, dan gw juga nggak mau nge googling dulu, gw pengen menemukan cara orisinal dari diri gw sendiri untuk membuat sebuah cerita.

Oke menurut alur yang mengalir bersama darah gw yang ngeluncur terhambat hambat ke otak gw, pertama-tama gw akan menentukan dulu jenis cerita gw dulu. Gw akan memilih jenis komedi. Mungkin ini emak jenis cerita yang paling sesuai dengan gw yang hobi ketawa dan paling senang bikin orang lain ketawa, walau terkadang sering gagal, alias garing.

Tahap berikutnya gw akan menenukan nama, sebuah nama untuk karakter yang akan menjadi tokok utama dalam cerita gw. Karena ini cerita komedi, gw akan berpikir konyol dulu untuk mencari sebuah nama di tumpukan jerami di ruang virtual yang ada di otak gw, alias akal.

Bimo, munkin bimo nama yang cocok, Tidak terlalu pintar, dan tidak terlalu bodoh, itu yang terlintas dalam otak gw ketika melafalkan nama tersebut. Dan untuk meng imajenasikan fisiknya, otak gw sedang memikirkannya. Munkin bimo orangnya sedikit putih,tapi bukan putih banget, putih biasa, putih cowo. Mempunyai rambut yang selalu terlihat seperti bangun tidur, walaupun sudah mandi, tetep saja orang mengatakan rambut itu seperti rambut yang baru tertekan oleh bantal. Lama lama gw me imajenasikan sosok bimo di otak gw, tiba tiba gw jadi teringat dengan seorang kawan gw yang kurang lebih cocok untuk mengisi karater yang gw beri nama bimo ini. iya, kaya emank dia yang cocok dan emank seperti itulah, bimo.

Setelah gw udah membuat karakter utamanya. Berikut gw akan mulai bercerita. apa pun yang gw tulis berikut adalah sebuah alur yang keluar begitu saja dalam lintasan alam imajenasi gw. Dan munkin dalam perjalan menulis cerita ini akan memuculkan karakter yang akan menjadi tokoh tokoh penting yang mengisi cerita bimo ini. baiklah, cerita ini gw mulai….

Tu bi continu