DIET

Bagaimana sih cara diet yang baik dan benar??? Munkin ini adalah sebuah pertanyaan besar bagi orang orang yang baru mau memulai dietnya, atau munkin juga ini adalah sebuah pertanyaan kecil bagi orang yang sudah sukses melakukan dietnya.

Sebelum berpikir terlalu jauh bagaimana cara yang paling efektif dalam menjalani diet, ada baiknya kita harus benar benar memahami dalam memaknai kata diet itu sendiri. hingga sekarang ini masih banyak orang yang salah dalam mengartikan kata diet itu sendiri. ada yang bilang diet itu sama dengan mengurangi porsi makan. Ada juga yang bilang diet itu sama dengan tidak makan. Sebenarnya itu juga tidak sepenuhnya salah hanya saja kurang tepat.

Diet adalah mengatur pola makan. Terus yang menjadi pertanyaan berikut adalah, bagaimana mengatur pola makan untuk menunjang keberhasilan dalam berdiet. Ini semua kembali kepada tujuan individu masing masing dalam melakukan diet. Ternyata diet itu bukan hanya di artikan untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan. Bagi orang kurus yang ingin melakukan penggemukan ternyata ada dietnya juga.

Baik, jika begitu bagaimana melakukan diet untuk orang yang ingin menurunkan berat badan?  Pertarnyaan yang satu ini memang merupakan sebuah alasan yang sangat besar untuk orang mengucapkan “aku ingin berdiet”. Bagi orang yang kelebihan berat badan atau yang sudah bisa dibilang obesitas salah satu penyebanya adalah terlalu banyak makan makanan yang berlemak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ganti komposisi makanan menjadi makanan yang banyak mengandung serat. Dan menurut beberapa pengalaman orang orang yang sukses dalam melakukan diet, mereka juga melakukan olah raga untuk mendukung pembakaran lemak yang sudah menumpuk dalam tubuh. Jadi pada intinya untuk orang gendut sebaiknya berhentilah mengosumsi lemak.

Beberapa faktor lain orang menjadi gemuk adalah gula. Untuk mengatasi hal ini, ubahlah pola makan dengan mengurangi asupan gula. Semisal dengan minum the tawar atau dengan banyak minum air putih. Bagi yang mereka yang tidak bisa hidup tanpa gula, coba akali dengan mengganti gula yang biasa di konsumsi dengan gula gula yang rendah kalori. Berikut beberapa makanan yang kandungan gulanya sudah bisa di bilang berlebihan. Saya kutip dari http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/08/09/1486/3/Waspadai-8-Jenis-Makanan-Berkadar-Gula-Tinggi

  1. Tepung teriguSama seperti gula putih, tepung terigu bersifat meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi terigu bisa memicu infeksi usus. Terigu rendah serat, sulit dikunyah sehingga memperberat kerja sistem pencernaan. Tidak harus dalam bentuk tepung, Anda juga harus memperhatikan asupan produk hasil olahan terigu termasuk roti, kue, pasta atau pie.

    Jika harus mengonsumsinya, usahakan sejarang mungkin. Terigu hampir tidak mengandung nutrisi sama sekali dan mendatangkan lebih banyak efek negatif dibandingkan manfaat positif. Yang lebih penting lagi, hindari paduan tepung ini dengan gula yang diolah dengan suhu tinggi. Menurut pakar kesehatan, kombinasi ini merupakan penyebab utama penyakit degeneratif.

    2. Soda

    Jika Anda penggemar soda, ada baiknya mulai mengurangi. Sekaleng soda mengandung sekitar 15 sendok teh gula, 150 kalori kosong, 30-55 mg kafein dan kaya akan berbagai pewarna, perasa dan pengawet yang berbahaya. Soda tidak mempunyai nilai gizi. Soda yang dilengkapi label “diet soda”, menurut pakar kesehatan, seperti yang  dikutip situs womenfitness, mengandung pemanis berbahaya yang dikenal dengan aspartame. Pemanis ini dinyatakan menimbulkan efek samping berupa kerusakan otak, diabetes, gangguan emosional, penurunan daya pandang, telinga berdenging, penurunan daya ingat, napas pendek serta gangguan lainnya.

    3. Kentang goreng dan donat

    Kentang goreng dan donat merupakan gula yang digoreng. sebelum dipanaskan pun, kentang dan donat ini adalah gula sederhana. Proses penggorengan semakin memperburuk kandungan gizi. Satu kentang goreng berdampak lebih buruk pada kesehatan dibandingkan sebatang rokok. Jadi, ada baiknya mempertimbangkan ulang sebelum memesan porsi besar. Donat ukuran rata-rata mengandung 200-300 kalori, hampir semuanya dari gula, dan sedikit nutrisi lainnya.

    4. Makanan batangan (bar) pengganti energi

    Dengan segala kesibukan, mengonsumsi energy bar merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan beberapa vitamin dan mineral. Energi bar memang lebih bernutrisi dibandingkan candy bar, tetapi kandungan gulanya hampir sama saja dengan candy bar. Kandungan gula tinggi di dalamnya akan memicu peningkatan dan penuruann kadar gula  darah yang drastis, sehingga membuat Anda semakin lapar. Akan lebih baik jika Anda mengganti bar ini dengan buah.

    5. Sereal kaya gula

    Hati-hati dalam memilih sereal. Banyak sereal yang kaya gula sederhana. Gula sederhana ini akan membuat Anda kenyang untuk sesaat. Seringkali sereal instan hampir tidak mengandung kalori. karena itu, ada baiknya memilih oatmeal atau sereal whole grain dengan tambahan topping buah.

    6. Kue dan permen

    Pada dasarnya, makanan ini hanya mengandung kalori kosong, kaya gula dan mendatangkan sedikit manfaat. Sebagian besar malah kaya akan lemak trans.  Seratus gram kue atau permen mengandung 37-66.6 gram gula. Karena itu, ada baiknya memilih snack yang lebih sehat seperti buah kering atau kacang-kacangan.

    7. Es krim dan dessert

    Bayak es krim komersial menawarkan produk yang kaya akan minyak yang telah dihidrogenasi, sirup jagung yang kaya fruktosa, dan susu kering. Satu es krim mengandung kira-kira 17 sendok teh gula.

    8. Buah, jus buah

    Berbeda dengan gula meja (sukrosa), gula buah yang dikenal dengan fruktosa akan dipecah tubuh secara perlahan sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah. Anda bisa membedakan buah yang kaya gula atau tidak melalui rasa, semakin manis maka semakin banyak kandungan gulanya. Bagaimana dengan jus? Jus buah telah kehilangan serat.  Padahal kandungan air dan serat dalam buah berfungsi membuat Anda lebih kenyang. Karena itu, ada baiknya mengonsumsi buah utuh.

Bagaimana dengan karbohidrat? Apakah itu juga harus dihindari dalam proses penurunan berat badan? Pada awalnya saya juga berpikir seperti itu, tapi saya masih inget beberapa pelajaran ipa waktu saya masih duduk di bangku sd. Karbohidrat itu adalah sumber energi. jadi asal tidak terlalu banyak mengosumsi zat yang satu ini insya allah tidak akan mengalami kegemukan.

Munkin itu dulu tentang dietnya. Lanjut lagi di posting berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s