Interior Photography

foto interior

Beberapa pekan yang lalu saya berkesempatan untuk melalukan pegambilan gambar interior ruangan untuk kebutuhan materi promosi salah satu hatu hotel bintang 5 di Balikpapan. Ini pengalaman pertama buat saya dalam memotret interior. Ternyata memotret interior itu tidaklah mudah bagi saya yang pemula. Meskipun saya sudah kursus singkat di youtube, dalam pengambilanya pun terasa gaguk. Yaa setidaknya itula yang saya rasakan dalam pengambilan gambr di hari pertama. Untuk hari berikutnya saya rasa lebih baik.

Pada kesempatan yang mulia ini. Saya ingi membagi sedikit tips dalam pengambilan gambar interior. Ya walaupun buka sekala professional, saya tetap berharap tulisan ini  ada manfaat nya. Berikut beberapa tips dari saya sebagai photographer amatir

Tips pertama, persiapan

Kita tau harus ngapain, tentunya kita juga harus tau dong apa yang harus dipersiapkan.  Gak mungkinkan naik mobil pake kacamata renang. Okee  karena kita mau melakukan pemotret, tentu kamera adalah barang yang paling penting harus dibawa. Oh iya, pastikan kondisi baterai dalam keadaan full yah.  Karena kita bakal sering menggunakan live mode untuk menentukan komposisi pengambilan gambar.

Barang paling penting(pake banget) kedua adalah lensa wide. Kita bakal ngambil gambar di dalam ruangan yang terbatas. Jadi kita memerlukan lensa yang memiliki daya tangkap lebar.

Barang yang paling penting kedua adalah tripod. Untuk mencegah getaran getaran tak terduga dari tangan, gunakan tripod untuk hasil yang sempurna.  Barang pelengkap berikutnya adalah peralatan lighting.  Tapi kalo gue sih lebih senang menggunakan cahaya alami ruangan dan tambahan olah digital. Lebih praktis menurut gue(baca: peralatan terbatas)

Rasakan sensasinya. Setiap ruang tentu memiliki sensasi yang ingin di sampaikan oleh Design interior yang mendesign ruang tersebut.  Misalnya cozy, carilah view ruang dimana cozy itu berada. Atau misalnya elegan, carilah angel yang bisa menampilkan view elegan dari ruangan itu. Coba tanyakan klien hal apa yang ingin di sampaikan atau di jual dari ruangan ini. Setelah itu tinggal kita terjemahkan semuanya dalam bentuk sebuah foto

Tahap ke dua, pengambilan

Setelah semua sudah siap,  saatnya pengambilan gambar.  Gunakan live mode untuk mempermudah,karena tidak perlu mengintip ke jendela bidik yang membuat mata lelah. Kita cukup melihat pada layar kamera sehingga kita bisa lebih santai dalam menentukan komposisi.

Dalam menentukan komposisi ada sedikit trick dari saya yang belum teruji kebenaran nya.  Pertama,  coba ambil keseluruhan element dalam ruang dalam satu frame. Kedua coba ambil bagian yang paling menarik dari ruang tersebut secara terpisah. Jadi keseluruhan dapat, poin interestnya juga dapet.

Dalam pengambilan gambar kita juga harus pandai pandai mengharmonisasikan semua elemen yang ada.  Hindari bagian property yang terambil sebagian kecil. Karena ini tak nyaman di lihat menurut saya. Lebih baik mengambil bagian lebih dari setengah sehingga bagian tersebut akan merepsentasikan properti apa yang ada di situ.

Jika sudah mendapat angel yang pas.  Ambillah gambar sebanyak 5 kali dengan white balance yang berbeda. Dan gambungkanlah dengan software pengolah gambar digital. Trick ini untuk mengatasi bagian yang terlalu terang sehingga menghilangkan detil objek.

Tahap akhir, Editing.

Nah ini adalah tahap akhir.  Tahap untuk memperbaiki apa yang harus di perbaiki.  Di tahap ini saya melakukan penggabungan 5 gambar yang saya ambil sebelumnya. Gambar tersebut saya jadikan satu file dengan satu gambar satu layer. Susun gambar dari yang paling terang hingga yang paling gelap, atau sebaliknya. Dan mulailah untuk memperbaiki bagian mana yang terlalu terang dan terlalu gelap dengan system masking.   Untuk sisanya tinggal selera masing masing untuk memainkan tone.

Lovely Photo

Hai hai apa kabar nih?? Gak salahkan kalo gue nanyain kabar. Soalnya sekarang sudah 2013 nih. Masa gak move on move on. Malam ini gue mau memperkenalkan bisnis gue. Tenang tenang. Ini bukan mlm kok. Tapi tetep open kok bagi siapa saja yang ingin melakukan kerja sama.

Bisnis ini gue beri nama “lovely photo baby n kids photography “. Bergerak dalam bidang fotografi yang mengkususkan diri untuk memotret baby n kids. Dengan layanan khusus yang kami jual yaitu melayani sesi pemotretan di rumah. Jadi anda sebagai pelanggan tidak perlu khawatir dan repot untuk datang ke studio kami.  Mudah dan gampangkan. Hasilnya pun tetap berkelas.

Untuk sementara kami hanya melayani sesi pemotretan untuk wilayah kota balikpapan saja.

Berikut beberapa sampel dari hasil pemotretan Lovely Photo

Silahkan dikunjungi juga fans page lovely photo di http://www.facebook.com/justlovelyphoto

jangan lupa di like yah.

ojek monyet.

Kemarin waktu gue sedang asik asiknya jalan jalan di lapangan merdeka. Menikmati segarnya udara pagi di acara car free day yang selalu diadakan setiap hari minggu. Gue melihat banyak orang mencoba mencari nafkah dengan cara menjual berbagai macam barang yang bisa dijual. Mulai menjual makanan hinga menjual pernak pernik unik. Yang jual hiburan pun juga ada. Salah satunya ini, hiburan topeng monyet.

Dalam episode kali ini. Si monyet berperan sebagai tukang ojek. Kurang lebih begini ceritanya.

Sekian kisah monyet yang berperan sebagai tukang ojek. Semoga bisa diambil hikmahnya walaupun tak ada. Hehehe.

Line messenger, review!

Hai hai hai, lagi malam mingguan yah? Gue mau share tentang messenger baru nih(ntah gue nya aja yang kagak gaul). Kalo kemaren ada whatsapp messenger yang bisa kita bilang pengganti bbm di hape yang bukan bb. Sekarang ada line messenger.

Tidak jauh berbeda dengan whatsapp, line juga memiliki kompatibelitas dengan berbagai jenis hape. hanya saja sang kreator bisa melihat apa saja yang tidak dimiliki oleh whatsapp dan menjadi peluang sukses untuk line. Berikut hal hal yang bisa gue simpulkan dari line messenger.

1. Tampilan


Menurut gue, tampilan line lebih remaja ketimbang whatsapp. Ini tentu bisa jadi magnet yang bagus untuk remaja yang memang kita pahami adalah pasar yang empuk untuk meraih profit.

2.emot icon


Ada beberapa fitur yang menjadi kelebihan line ketimbang whatsapp. Antara lain emot icon yang lebih banyak dan lebih lucu. Karena saking banyaknya kadang bisa gue bilang line itu “biarkan emot icon yang berbicara”.

3.menambah teman

berbeda dengan whatsapp, line selain langsung mengsingkronasikan nomor kontak yang sudah instal line. line juga cara memiliki sisteem add friend menggunakan id line. yaa hampir nggak jauh beda siy dengan add pin bb. jadi secara langsung, ge ngeliatnya line memadukan apa yang ada di whatapp dan apa yang ada di bbm. ya keuntungan kita bisa kita add teman baru tampa tau nomor hapenya. privasinya masih bisa kejaga dikit..hehehe.

4. Telfon gratis

Kalo gue sih yang kaya beginian juga bakalan jarang terpakai. Secara kita harus punya koneksi yang lumayan oke, dan juga kuota internet yang lumayan.

Sekian ringkasan gue tentang nilai lebih line dari whatsapp. Lumayan buat seru seruan. Pesan terakhir dari gue. Jangan lupa add gue yah. Nyoh qr code gue
image

Malam jumat yang aneh (super cerpen)

Pulang kerja adalah masa masa yang sangat melelahkan. Begitu juga yang dirasakan oleh toto. Toto sangat lelah hari ini. Apalagi toto belum sama sekali mendapatkan kontrak baru setelah sekian lama sejak kontrak pertamanya berhasil. Profesi toto sebagai sales menuntutunya untuk selalu memikirkan target. Kontrak kontrak dan kontrak. Kata kata itu terus yang selalu terniang niang dari toto. Cum ada satu hal yang membuat toto tetap bersemangat. Toto ingin segera menikah dengan t titi.

Kayanya asik nih dengerin suara titi. Suara titi bisa nenangin hati toto sih, pikir toto. Tak perlu menunggu waktu lama. Toto pun langsung menelvon titi. Titi pun mengangkat. Mereka pun bercengkrama untuk beberapa saat. Sampai akhirnya beberapa saat itu terlewatkan. Dan tiba tiba si titi berubah menjadi sosok yang pemarah. Sangat pemarah.

ini semua berawal dari kebudekan toto yang sering muncul di kala suara telvon tidak sejelas mendengar langsung suara si titi. Si titi pun akhirnya malas ngobrol sama toto. Toto bingung harus gimana. Cerita ini salah cerita itu salah, semunaya jadi serba salah.

Toto pun hampir nyerah. Dia pun hampir gila. Hingga beberapa saat. Si titi pun minta waktu sebentar untuk pergi ke kamar mandi. Dan setibanya titi dari kamar mandi, tiba tiba titi berubah menjadi sosok wanita yang baik. Pengertian, perhatian, dan suka bercerita. Dan akhirnya. Si toto gila beneran.

Tamat.

SELAMAT TAHUN BARU

preeet preet preeet  suara terompet yang pasti sudah tidak asing lagi terdengar di malam perayaan tahun baru. tunggu bentar, itu tadi suara trompet atau suara orang mencret yah pret preet begitu. tapi ya sudahlah.  yang penting malam ini kita…… seneng atau sedih?. seneng ajah deh biar nggak galau di malam tahun baru. nggak lucu kan kalo galau di malam tahun baru…. let s fun guys.

acara malam ini gw lalui dengan lingkungan baru. karena malam ini gw rayain di kantor baru. hari kerja di kantor, malam tahun baruan juga di kantor. apa enaknya?? tadinya sih mikir gitu, tapi ternyata asik juga. gw menemukan sosok yang berbeda dari temen temen kantor. saat itu juga gw udah bisa mengambil kesimpulan. beda jam beda sifat.

nggak ada sepesial sih. acaranya sama ajah kaya yang lain. bakar bakar, niup terompet. dan main  petasan. apa yang dibakar? ya tentunya sesuatu yang bisa dimakan. malam ini objeknya adalah ayam, ikan dan jagung.  selamat makan!!!

 

oke. gw nggak usah banyak cerita lagi. pada intinya gw mau ngucapin.

selamat tahun baru my friend!!